LAPORAN PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
GANTI OLI
DI BENGKEL MOTOR MUHAEMIN
Disusun untuk memenuhi tugas praktek kerja lapangan (PKL)
Disusun oleh :
NAMA : TEGUH
PRASETIO
KELAS : XI –TKRO 1
NIS :
1718.10.047
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH KARANGAMPEL INDRAMAYU TAHUN
AJARAN 2018/2019
Jl. Raya Sendang, Desa Sendang, Kec. Karangampel Kab. Indramayu
NPSN: 141570249
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH
Mengetahuai/Mengesahkan
LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
Judul :
“GANTI OLI”
BENGKEL MOTOR MUHAEMIN
Jl. Sendang Raya Kecamatan Karangampel
Ketua Prakerin Guru Pembimbing
NURUL AKBAR, S.Pd.I JAENUDIN
NBM. 1185090 NBM.
Mengetahui :
Kepala Sekolah Kepala
Program TKR
KHOLID, S.Ag ERLANGGA
N.J., S.Pd
NBM. 818493 NBM.1314193
LEMBAR PENGESAHAN DU/DI
LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
BENGKEL MOTOR MUHAEMIN
Judul :
“GANTI OLI”
Tahun Pelajaran 2018/2019
Mengesahkan:
Pimpinan DU/DI Pembimbimbing
LUKMAN HAKIM MUHAEMIN
BIODATA PESERTA PRAKERIN
Nama : Teguh Prasetio
TTL : Indramayu, 31 Oktober 1999
Tempat
PKL : Bengkel Motor Muhaemin
Sekolah
: SMK Muhammadiyah Karangampel
Kelas
: XI-TKRO 1
Jenis
Kelamin :Laki-laki
Agama : Islam
Alamat : Desa Dukuh
Jeruk Rt/Rw: 06/02 Karangampel Indramayu
No.
Hp : 0895635440065
Alamat : Desa Dukuh
Jeruk Rt/Rw: 06/02 Karangampel Indramayu
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis ucapkan kepada ALLAH SWT yang telah memberikan berupa kesehatan ,
kesempatan kepada penulis sehingga maampu menyelesaikan Laporan Kerja Lapangan
ini.
Laporan Kerja Lapangan ini berjudul Ganti Oli . Kerja praktek ini
telah penulis laksanakan dengan baik di Bengkel Motor Muhaemin
Laporan Kerja Lapangan ini merupakan tugas yang harus diselesaikan
oleh siswa kelas sebelas (XI) Teknik
Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) di SMK Muhammadiyah Karangampel.
Ucapan
terimah kasih ini juga saya ucapkan kepada :
1. Bapak Kholid, S.Ag , selaku kepala SMK Muhammadiyah Karangampel
2. Bapak Nurul Akbar, S.Pd.I , selaku ketua pelaksana PKL
3. Bapak Erlangga Novriyanto Jaya, S.Pd.I , selaku kepala program TKR
4. Bapak Lukman Hakim , selaku Pimpinan DU/DI di Muhaemin Motor
5. Ibu Juwarsi, S.Pd , selaku wali kelas XI-TKRO 1
6. Bapak Jaenudin , selaku guru pembimbing yang sudah meluangkan waktu
kepada penulis dalam rangka penyelasaian laporan PKL ini.
Indramayu, 30 Maret 2019
Penulis
Teguh Prasetio
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH….............................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN DU/DI……................................................................. ii
BIODATA PESERTA PRAKERIN ...................................................................... iii
KATA PENGANTAR ............................................................................................ iv
DAFTAR ISI…........................................................................................................ v
BAB 1 PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ............................................................................................. 1
B. Tujuan Praktik Industri ................................................................................ 1
C. Manfaat Praktik Industri .............................................................................. 2
BAB II
GAMBARAN PERUSAHAAN
A. Sejarah Bengkel Motor Muhaemin................................................................ 3
B. Struktur Organisasi Bengkel Motor
Muhaemin............................................ 3
C. Kedudukan dan Letak Bengkel Motor
Muhaemin....................................... 3
D. Prosedur Pelayanan ...................................................................................... 4
BAB
III PELAKSANAAN PRAKERIN
A. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Prakerin .................................................... 5
B. Ganti Oli ....................................................................................................... 5
C. Bahan dan Alat…......................................................................................... 6
D. Lagkah-langkah kerja…................................................................................ 7
E. Faktor Pendukung dan Penghambat
Pelaksanaan Pekerjaan… 7
BAB IV
PENUTUP
A. Simpulan ..................................................................................................... 10
B. Saran ........................................................................................................... 10
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................ 11
LAMPIRAN........................................................................................................... 12
DAFTAR NILAI.................................................................................................... 13
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Perkembangan zaman yang semakin
pesat, menuntut adanya kemajuan didalam segala bidang terutama dalam bidang
teknologi. Kemajuan di dalam bidang teknologi ini memudahkan seseorang dalam
melakukan suatu pekerjaan. Salah satu bidang teknologi yang mengalami kemajuan
adalah otomotif. Kemajuan didalam bidang ini dapat kita lihat pada
kendaraan-kendaraan sekarang selalu ingin meningkatkan rasa kenyamanan,
keamanan, dan ramah terhadap lingkungan.Usaha di dalam peningkatan rasa kenyamanan,
keamanan, dan ramah terhadap lingkungan salah satunya adalah dengan
meningkatkan kualitas sistempelumasan. Kualitas sistem pelumasan yang baik
dapat membuat mesin menjadi lebih awet dan kinerja mesin juga lebih baik.
Sebaliknya, kualitas sistempelumasan yang tidak baik dapat menjadikan mesin
menjadi lebih cepat mengalami kerusakan dan kinerja mesin tidak
optimal.Pelumasan dapat diartikan sebagai pemberian bahan pelumas pada suatu
mesin dengan bertujuan untuk mencegah kontak langsung persinggungan antara
permukaan yang bergerak.
Pada masa prakerin ini, kami
melaksanakan prekerin di Bengkel Motor Muhaemin pada tanggal 01 Februari 2019
sampai dengan 31 Maret 2019.
B.
Tujuan Praktik Industri
- Mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan di sekolah.
- Membentuk Pola pikir yang membangun siswa dan siswi prakerin
- Melatih siswa untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara profesional didunia kerja yang sebenarnya
- Membentuk semangat kerja yang baik bagi siswa – siswi Prakerin
- Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan dasar yang dimiliki oleh siswa dan siswi prakerin sesuai bidangnya masing masing.
- Menambah jenis keterampilan yang dimiliki oleh siswa agar dapat dikembangkan dan di implementasikan dalam kehidupan sehari – hari.
- Menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia industri ataupun dunia usaha.
C.
Manfaat Praktik Industri
- Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian professional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, dan semangat kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja.
- Memperkokoh hubungan sekolah dengan dunia industri dan dunia usaha
- Meningkatkan Efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas
- Memberikan Pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan
- Menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman di era teknologi informasi dan komunikasi.
BAB II
GAMBARAN PERUSAHAAN
A.
Sejarah Muhaemin Motor
Bengkel Motor Muhaemin adalah
sebuah bengkel yang berada di
desa sendang kecamatan karangampel.
Identitas DU/DI:
a)
Nama
Perusahaan : Muhaemin Motor
b)
Didirikan
Tahun : 2015
c)
Nama
Pendiri : Lukman Hakim
d)
Alamat : Jl.
Sendang Raya Kecamatan Karangampel Indramayu
B.
Struktur Muhaemin Motor
Pimpinan : Lukman Hakim
Mekanik : Muhaemin
Penyervisan : Anak PKL
C.
Kedudukan dan Letak Muhaemin Motor
D.
Prosedur Pelayanan Muhaemin Motor
Penyervisan dan Penjualan sparepart
motor atau komponen motor. Bengkel umum yang tidak memiliki ikatan kerjasama
dengan merek kendaraan tertentu. Artinya, semua merek kendaraan bisa dilakukan
perawatan di bengkel umum tersebut.
Di bengkel umum, kualitas para
teknisi pun juga bersifat relatif. Artinya, tidak ada jaminan memang
benar-benar ahli di bidangnya. Sebab para teknisi di sini pun tidak diberikan
sertifikat walaupun mereka benar-benar ahli, kecuali memang mereka pernah
mengikuti pelatihan khusus sebelumnya.
BAB III
PELAKSANAAN PRAKERIN
A.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan Prakerin
Waktu : Dimulai dari 01Februari sampai 31 Maret 2019
Tempat : Muhaemin Motor
B.
Ganti Oli
Seorang pengguna sepeda motor,
minimal tahu kapan waktu yang tepat untuk ganti oli mesin. Merawat motor adalah
hal yang perlu diperhatikan bagi anda yang memiliki motor. Perawatan yang rutin
dan teratur membuat motor Anda berumur panjang dan tahan lama. Ada beberapa
perawatan pada mesin yang harus dilakukan, salah satunya mengganti oli. Dalam
mesin motor ada berbagai macam komponen
yang berkerja untuk menghasilkan tenaga bagi motor sehingga berjalan dengan
sangat baik. Sementara oli adalah salah satu yang berfungsi untuk melindungi
komponen – komponen tersebut dari proses gesekan yang terjadi di dalam mesin. Oli
mesin pada motor harus diganti secara rutin. Penggantian secara rutin akan
membuat komponen – komponen tersebut akan tetap awet dan tidak mudah rusak.
Agar mesin motor mampu bertahan lama
sebaiknya penggantian oli berdasarkan jarak tempuh. Idealnya pemakaian oli yang
tertera pada petunjuk pemakainnya biasanya 1500-4000km. Untuk jarak tempuh
20-50km per hari, sebaiknya ganti oli setiap 1.5 bulan. Jika jarak menengah
diatas 50 km per hari maka ganti oli setiap sebulan sekali. Berbeda juga dengan
yang jarak tempuhnya jauh hingga 200 km per hari, sebaiknya ganti oli motor
anda setiap dua minggu sekali atau setiap 2000 km.
Cara menjaga kualitas oli motor
dapat berupa banyak hal, tergantung dari bagaimana anda merawat motor anda
sendiri. Hal paling sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan
motor secara wajar (tidak digunakan untuk balap ), melakukan servis motor
secara rutin, hingga mengganti oli secara berkala.
Fungsi utama oli pada motor yaitu
sebagai bahan pelumas dan perapat antar komponen agar mesin berjalan dengan
baik dan bebas gangguan. Selain itu oli mesin juga mempunyai beberapa fungsi
tambahan, yaitu:
1.
Mengurangi
gesekan antara komponen mesin motor satu dengan yang lain. Gesekan yang terjadi
dapat menyebabkan komponen mesin menjadi cepat aus, mengurangi tenaga yang
dihasilkan, menghasilkan kotoran dan panas. Agar gesekan dapat dikurangi maka
bagian saling bergesekan dilapisi oli pelumas.
2.
Sebagai
pendingin dari panas yang dihasilkan proses pembakaran di dalam silinder dan
panas yang dihasilkan dari gesekan antar komponen.
3.
Sebagai
perapat celah antara piston dengan silinder. Pelumas dapat mengurangi kebocoran
kompresi maupun tekanan hasil pembakaran dengan membuat lapisan oli yang
mengisi celah antara piston dan silinder.
4.
Sebagai
peredam getaran dan suara bising hasil benturan piston, batang piston dan poros
engkol. Pelumas untuk melapisi antara bagian tersebut dan meredam benturan yang
terjadi sehingga suara mesin lebih halus.
5.
Sebagai
pembersih kotoran hasil gesekan antar komponen mesin. Pelumas membantu membawa
kotoran tersebut sehingga bagian yang bergesekan tetap bersih.
6.
Sebagai
anti karat, pelumas melapisi bagian logam sehingga menghindari kontak langsung
dengan udara atau air.
Terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam mengganti
oli motor, seperti :
1.
Jangan
menyemprot lubang oli dengan udara bertekanan karena hal tersebut akan
mengakibatkan kotoran yang terdapat di filter oli tersebar ke area mesin.
2.
Jangan
membuka baut pembuangan oli pada saat mesin dalam kondisi panas, karena hal
tersebut akan cepat merusak ulir baut.
3.
Gantilah
ring oli setiap anda membuka baut pembuangan oli untuk menghindari kebocoran
pada saat pemasangan baut oli.
4.
Bersihkan
filter oli setiap 12.000 kilometer untuk membuang sisa kotoran yang terdapat
pada mesin
C.
Bahan dan Alat alat
-
Baskom
-
Kunci
Shock ukuran 14 dan 17
-
Kompresor
-
Tang
D.
Langkah-langkah Kerja
1.
Sandarkan
sepeda motor pada standar samping agar oli dapat keluar sampai habis.
2.
Buka
baut pembuang oli yang terletak pada bagian bawah mesin sekaligus keluarkan
saringan oli.
3.
Tampung
oli yang keluar dengan suatu wadah.
4.
Buka
baut pengukur dari lubang pengisian.
5.
Injak
kick starter berulang-ulang dan embuskan pakai kompresor pada lubang pengisian
agar sisa oli dapat terbuang habis.
6.
Bersihkan
saringan oli.
7.
Bersihkan
rotor saringan oli sebelum mengisi bak mesin dengan oli secara berkala.
8.
Pasang
kembali saringan oli dan baut penutup pembuangan oli.
9.
Isi
bak mesin dengan oli yang dianjurkan dan sesuai dengan jenis motor.
10.
Pasang
baut pengukur.
11.
Hidupkan
mesin dan biarkan berputar stasioner selama beberapa menit.
12.
Matikan
mesin dan sandarkan sepeda motor pada posisi tegak.
13.
Periksa
dan yakinkan bahwa tinggi permukaan oli berada di batas atas
E.
Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Pekerjaan
1. Faktor Pendukung
Ada beberapa
faktor pendukung yang membantu saya selama melaksanakan kegiatan Prakerin diantaranya:
a. Lingkungan kerja
yang bersih
Lingkungan kerja yang bersih membuat saya merasa nyaman dalam
melaksanakan tugas.
b. Karyawan yang baik
dan ramah
Karyawan yang baik dan ramah membuat saya tidak membutuhkan banyak
waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja.
c. Fasilitas yang
memadai
Fasilitas yang memadai dapat membantu saya sehingga kami bisa
mengerjakan tugas dengan cepat.
2. Faktor Penghambat
Dalam
melaksanakan pekerjaan pasti ada berbagai hambatan. Begitu pula dengan saya
yang baru mengenal dunia kerja, saya juga mengalami berbagai hambatan.
Hambatan-hambatan tersebut antara lain:
a. Kurangnya pengalaman
Kami belum begitu berpengalaman sehingga pekerjaan yang saya
kerjakan kadang tersendat-sendat.
b. Kurangnya ketrampilan dan kreativitas siswa
Ketrampilan dan
kreativitas saya masih kurang karena saya belum terjun ke lapangan kerja.
c. Kurangnya menguasai
peralatan kantor
Ada beberapa peralatan kantor yang belum saya kuasai, sehingga saya
harus meluangkan waktu untuk berlatih terlebih dahulu.
d. Teori dan praktek
yang tidak sesuai
Kurang sesuainya antara teori dan praktek yang diterima di sekolah
dengan pelaksanaan atau praktek pekerjaan yang sesungguhnya di lapangan
menyebabkan hasil yang dicapai kurang maksimal dalam pelaksanaannya.
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Perawatan yang rutin dan teratur
membuat motor Anda berumur panjang dan tahan lama. Ada beberapa perawatan pada
mesin yang harus dilakukan, salah satunya mengganti oli. Agar mesin motor mampu
bertahan lama sebaiknya penggantian oli berdasarkan jarak tempuh. Idealnya
pemakaian oli yang tertera pada petunjuk pemakainnya biasanya 1500-4000km.
Untuk jarak tempuh 20-50km per hari, sebaiknya ganti oli setiap 1.5 bulan. Hal
paling sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan motor secara
wajar (tidak digunakan untuk balap ), melakukan servis motor secara rutin,
hingga mengganti oli secara berkala
B.
Saran
Penulis menyadari bahwa tugas ini jauh dari kata
sempurna, masih banyak
kekurangan. Penulis
mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun demi
kesempurnaan tugas ini. Atas segala kekurangannya penulis ucapkan mohon maaf dan semoga
kita mendapatkan rahmat dan ampunan-Nya. Aamiin.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
DAFTAR NILAI
Penilaian Hasil Praktek Kerja Lapangan dari Industri :
Nama Siswa : Teguh
Prasetio
Kompetensi Keahlian: TKRO 01
Tahun Pelajaran :
2018/2019
No.
|
Uraian Kegiatan
|
Nilai (Angka)
|
A.
|
Kepribadian
|
|
1.
|
Disiplin
waktu
|
89
|
2.
|
Kemauan
kerja dan motivasi
|
89
|
3.
|
Kualitas
kerja
|
89
|
4.
|
Inisiatif
dan kreatifitas
|
89
|
5.
|
Perilaku
|
89
|
B.
|
Kompetensi/Keterampilan
|
|
1.
|
Pengetahuan
Dasar
|
|
2.
|
Pengetahuan
Komponen Engine
|
|
Keterngan :
90-100 : Sangat Baik (A)
80-89 : Baik (B)
70-79 : Cukup (C)
<70 : Kurang (D)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar