LAPORAN PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
REM TROMOL
DI BENGKEL MOTOR MUHAEMIN
Disusun untuk memenuhi tugas praktek kerja lapangan (PKL)
Disusun oleh :
NAMA : SENDI
BUDIYANTO
KELAS : XI –TKRO 1
NIS :
1718.10.016
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH KARANGAMPEL INDRAMAYU TAHUN
AJARAN 2018/2019
Jl. Raya Sendang, Desa Sendang, Kec. Karangampel Kab. Indramayu
NPSN: 141570249
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH
Mengetahuai/Mengesahkan
LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
Judul :
“REM TROMOL”
BENGKEL MOTOR MUHAEMIN
Jl. Sendang Raya Kecamatan Karangampel
Ketua Prakerin Guru Pembimbing
NURUL AKBAR, S.Pd.I JAENUDIN
NBM. 1185090 NBM.
Mengetahui :
Kepala Sekolah Kepala
Program TKR
KHOLID, S.Ag ERLANGGA
N.J., S.Pd
NBM. 818493 NBM.1314193
LEMBAR PENGESAHAN DU/DI
LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
BENGKEL MOTOR MUHAEMIN
Judul :
“REM TTROMOL”
Tahun Pelajaran 2018/2019
Mengesahkan:
Pimpinan DU/DI Pembimbimbing
LUKMAN HAKIM MUHAEMIN
BIODATA PESERTA PRAKERIN
Nama :Sendi Budiyanto
TTL : Indramayu, 04 Juni 2002
Tempat
PKL : Bengkel Motor Muhaemin
Sekolah
: SMK Muhammadiyah Karangampel
Kelas
: XI-TKRO 1
Jenis
Kelamin :Laki-laki
Agama : Islam
Alamat : Desa Dukuh
Jeruk Rt/Rw: 08/02 Karangampel Indramayu
No.
Hp : 089517205565
Nama
Ayah : Maman
Nama
Ibu : Warni’ah
Alamat : Desa Dukuh
Jeruk Rt/Rw: 08/02 Karangampel Indramayu
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis ucapkan kepada ALLAH SWT yang telah memberikan berupa kesehatan ,
kesempatan kepada penulis sehingga maampu menyelesaikan Laporan Kerja Lapangan
ini.
Laporan Kerja Lapangan ini berjudul Rem Tromol . Kerja praktek ini
telah penulis laksanakan dengan baik di Bengkel Motor Muhaemin
Laporan Kerja Lapangan ini merupakan tugas yang harus diselesaikan
oleh siswa kelas sebelas (XI) Teknik
Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) di SMK Muhammadiyah Karangampel.
Ucapan
terimah kasih ini juga saya ucapkan kepada :
1. Bapak Kholid, S.Ag , selaku kepala SMK Muhammadiyah Karangampel
2. Bapak Nurul Akbar, S.Pd.I , selaku ketua pelaksana PKL
3. Bapak Erlangga Novriyanto Jaya, S.Pd.I , selaku kepala program TKR
4. Bapak Lukman Hakim , selaku Pimpinan DU/DI di Muhaemin Motor
5. Ibu Juwarsi, S.Pd , selaku wali kelas XI-TKRO 1
6. Bapak Jaenudin , selaku guru pembimbing yang sudah meluangkan waktu
kepada penulis dalam rangka penyelasaian laporan PKL ini.
Indramayu, 30 Maret 2019
Penulis
Sendi Budiyanto
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH….............................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN DU/DI……................................................................. ii
BIODATA PESERTA PRAKERIN ...................................................................... iii
KATA PENGANTAR ............................................................................................ iv
DAFTAR ISI…........................................................................................................ v
BAB 1 PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ............................................................................................. 1
B. Tujuan Praktik Industri ................................................................................ 1
C. Manfaat Praktik Industri .............................................................................. 2
BAB II
GAMBARAN PERUSAHAAN
A. Sejarah Bengkel Motor Muhaemin................................................................ 3
B. Struktur Organisasi Bengkel Motor
Muhaemin............................................ 3
C. Kedudukan dan Letak Bengkel Motor
Muhaemin....................................... 3
D. Prosedur Pelayanan ...................................................................................... 4
BAB
III PELAKSANAAN PRAKERIN
A. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Prakerin .................................................... 5
B. Rem Tromol .................................................................................................. 5
C. Bahan dan Alat…......................................................................................... 6
D. Lagkah-langkah kerja…................................................................................ 7
E. Faktor Pendukung dan Penghambat
Pelaksanaan Pekerjaan… 8
BAB IV
PENUTUP
A. Simpulan ..................................................................................................... 10
B. Saran ........................................................................................................... 10
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................ 11
LAMPIRAN........................................................................................................... 12
DAFTAR NILAI.................................................................................................... 13
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Rem mempunyai peranan yang sangat
penting dalam teknik kendaraan danteknik transportasi demi keamaan dan
keselamatan dalam berkendara. Pada dasarnya rem mempunyai fungsi untuk
memperlambat dan mengatur gerakan suatu putaran adapun rem yang digunakan harus
memenuhi syarat-syarat sebagai berikut : dapat bekerja dengan baik dan tepat,
dapat dipercayadan mempunyai daya tekan yang cukup, mudah diperiksa dan disetel.
Walaupun sistem rem itu sangatlah penting, namun banyak diantaramasyarakat
umum yang belum memahami dan mengerti fungsi, cara kerja dan jenis-jenis dari
rem tersebut oleh karena itu penulis membuat makalah ini bertujuan untuk
memperkenalkan fungsi, cara kerja, dari rem tromol dengan adanya makalah ini
diharapkan kita bisa lebih mengenal fungsi,cara dari rem tromol.
Pada masa prakerin ini, kami
melaksanakan prekerin di Bengkel Motor Muhaemin pada tanggal 01 Februari 2019
sampai dengan 31 Maret 2019.
B.
Tujuan Praktik Industri
- Mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan di sekolah.
- Membentuk Pola pikir yang membangun siswa dan siswi prakerin
- Melatih siswa untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara profesional didunia kerja yang sebenarnya
- Membentuk semangat kerja yang baik bagi siswa – siswi Prakerin
- Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan dasar yang dimiliki oleh siswa dan siswi prakerin sesuai bidangnya masing masing.
- Menambah jenis keterampilan yang dimiliki oleh siswa agar dapat dikembangkan dan di implementasikan dalam kehidupan sehari – hari.
- Menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia industri ataupun dunia usaha.
C.
Manfaat Praktik Industri
- Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian professional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, dan semangat kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja.
- Memperkokoh hubungan sekolah dengan dunia industri dan dunia usaha
- Meningkatkan Efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas
- Memberikan Pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan
- Menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman di era teknologi informasi dan komunikasi.
BAB II
GAMBARAN PERUSAHAAN
A.
Sejarah Muhaemin Motor
Bengkel Motor Muhaemin adalah
sebuah bengkel yang berada di
desa sendang kecamatan karangampel.
Identitas DU/DI:
a)
Nama
Perusahaan : Muhaemin Motor
b)
Didirikan
Tahun : 2015
c)
Nama
Pendiri : Lukman Hakim
d)
Alamat : Jl.
Sendang Raya Kecamatan Karangampel Indramayu
B.
Struktur Muhaemin Motor
Pimpinan : Lukman Hakim
Mekanik : Muhaemin
Penyervisan : Anak PKL
C.
Kedudukan dan Letak Muhaemin Motor
D.
Prosedur Pelayanan Muhaemin Motor
Penyervisan dan Penjualan sparepart
motor atau komponen motor. Bengkel umum yang tidak memiliki ikatan kerjasama
dengan merek kendaraan tertentu. Artinya, semua merek kendaraan bisa dilakukan
perawatan di bengkel umum tersebut.
Di bengkel umum, kualitas para
teknisi pun juga bersifat relatif. Artinya, tidak ada jaminan memang
benar-benar ahli di bidangnya. Sebab para teknisi di sini pun tidak diberikan
sertifikat walaupun mereka benar-benar ahli, kecuali memang mereka pernah
mengikuti pelatihan khusus sebelumnya.
BAB III
PELAKSANAAN PRAKERIN
A.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan Prakerin
Waktu : Dimulai dari 01Februari sampai 31 Maret 2019
Tempat : Muhaemin Motor
B.
Rem Tromol
Rem tromol adalah salah satu
konstruksi rem yang cara pengereman kendaraan dengan menggunakan tromol rem
(brake drum), sepatu rem (brake shoe), dan silider roda (wheel cylinder). Pada
dasarnya jenis rem tromol yang digunakan roda depan dan belakang tidak sama,
hal ini dimaksudkan supaya system rem dapat berfungsi dengan baik dan sesuai
dengan persyaratan
Berikut terdapat beberapa komponen rem
tromol beserta fungsinya yang bisa anda pahami :
a.
Backing
Plate
Komponen rem tromol yang pertama adalah backing plate. Backing
plate ini merupakan piringan berbahan logam tipis yang berada tepat di belakang
sistem rem tromol. Jika anda perhatikan, bentuk dari backing plate ini adalah
seperti lingkaran yang disertai dengan banyak lubang dan tonjolan. Adapun
fungsi dari backing plate tersebut antara lain:
·
Piranti
yang berfungsi untuk rangka sekaligus pelindung komponen rem tromol yang
lainnya.
·
Piranti
yang berfungsi untuk menyesuaikan semua part rem tromol agar bisa bekerja
secara maksimal.
b. Silinder
Roda
Komponen rem tromol yang kedua adalah silinder roda. Adapun
cylinder roda ini memiliki cara kerja dengan menggu akan hukum pascal. Nah
sobat semua tentunya masih ingat hukum pascal ya. Ketika anda menginjak pedal
rem, maka aka nada aliran fluida yang mengaraj kearah roda. Aliran yang
berlangsung secara terus menerus ini akan meningkatkan tekanan fluida dan
hasilnya mendorong kedua piston yang sudah diletakkan di ujung wheel cylinder.
Adapun fungsi dari silinder roda ini adalah untuk mengubah tekanan fluida
menjadi gerakan yang mekanis.
c. Sepatu
Rem Kampas
Komponen rem tromol yang ketiga adalah sepatu rem kampas. Sepatu
rem kampas ini disebut juga dengan brake shoe. Brake shoe ini berbentuk
setengah lingkaran yang berjumlah dua yang apabila digabungkan akan membentuk
sebuha lingkaran yang utuh. Dua sepatu rem yang berbentuk setengah lingkaran
tersebut nantinya akan berada di sisi dalam tromol rem yang juga berbentuk
seperti lingkaran. Sehingga pengereman dalam mobil anda pun bisa berlangsung.
Adapun fungsi dari sepatu rem atau brake shoe ini adalah seabagi tenpat untuk
meletakkan kampas rem pada sistem rem tromol.
d. Return
Spring
Komponen rem tromol yang keempat adalah return spring. Ketika kita
menekan pedal rem, maka sepatu rem akan bergerak kearah luar dan menempel
dengan tromol rem tersebut. Namun ketika kita melepas pedal rem tersebut, maka
sepatu rem harus bisa kemabli mengincut. Adapun fungsi dari return spring ini
adalah mengembalikan posisi sepatu rem sesuai proses pengereman berlangsung.
e. Brake
Shoe Holder
Komponen rem tromol yang kelima adalah brake shoe holder. Brake
shoe holder ini terdiri atas suatu pin yang memiliki pengunci. Pada saat
dipasangkan, komponen ini kana berfungsi untuk menjaga sepatu rem agar tetap
menempel pada backing plate, namun masih bisa digerakkan ke kanan dan kiri.
C.
Bahan dan Alat aalat
-
Kunci
Shock 22
-
Kunci
T ukuran 12 dan 14
D.
Langkah-langkah Kerja
a.
Pelepasan
Rem Tromol
1.
lepas
roda
2.
Lepas
tromol rem. Lepas skrup dan kemudian lepas tromol rem .
3.
Lepas
pegas pembalik. Menggunakan sst,lepas pegas pembalik depan dan belakang.
4.
Lepas
sepatu rem. Mengguanakan sst, lepas pegas penahan sepatu atas, dua mangkuk, dan
pen.
5.
Bila
perlu, lepas silinder roda. Lepas pipa rem dari silinder roda.gunakan kaleng
untuk menampung minyak rem, Lepas nepel pembuang udara di silinder roda.lepas
tiga baut yang terpasang di silinder
rem.
6.
Bila
perlu, bongkar silinder roda. Lepas komponen berikut dari silinder: Karet
pelindung(boot), Piston, Karet rem(cups), Sekrup dan pegas pengunci penyetel
b. Pemeriksaan
komponen
1.
Periksa
komponen yang di bongkar
Periksa
komponen yang di bongkar terhadap keausan, karat, atau kerusakan.
2.
Ukur
ketebalan pelapis sepatu rem
Ketebalan
minimum:1,0 mm (0,039 in)
Ketebalan
standart:6,0 mm (0,236 in)
jika
pada pelapis sepatu rem kurang dari nilai minimum di atas atau terlihat
tanda-tanda keausan yang tidak merata, gantilah sepatu rem.bila sepatu rem
harus di ganti, gantilah seluruh sepatu rem depan untuk menjamin kemampuan rem.
3.
Ukur
diameter dalam tromol rem
Diameter
maksimal:230,6 mm
Diameter
standart:228,6 mm
Bila
tromol rem tergores atau aus, tromol rem di bubut sampai pada batas diameter
maksimum.
4.
Periksa
persinggunagn pelapis sepatu dan tromol rem
Bila
permuakaan gesek antara tromol rem dengan sepatu sudah tidak seperti semula
atau tidak baik, maka gerindalah pelapis sepatu dengan menggunakan penggerinda
sepatu atau gantilah rakitan sepatu rem
5.
Periksa
silinder roda terhasap karat atau kerusakan
6.
Periksa
backing plat terhadap keausan atau kerusakan.
c.
Perakitan
rem tromol
1.
rakitlah
silinder rem.
Pasangsah
dengan urutan yang benar :karet rem(cup), piston, karet pelindung, (boot).
2.
Pasang
nepel pembuangan udara pada siinder roda
3.
Pasang
silinder roda pada backing plat
4.
Pasang
pipa rem pada silinder roda
5.
Oleskan
gemuk temperature tinggi pada backing plat
6.
Pasang
sepatu rem
7.
Bersihkan
pelapis sepatu dan bagian dalam tromol menggunakan kertas amplas.
8.
Pasang
tromol rem.
9.
Isi
tangki cadangan dengan minyak rem dan lakukan pambuangan udara.
10.
Periksa
kebocoran minyak rem.
11.
Setel
celah sepatu rem.
12.
Pasang
roda depan.
E.
Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Pekerjaan
1. Faktor Pendukung
Ada beberapa
faktor pendukung yang membantu saya selama melaksanakan kegiatan Prakerin
diantaranya:
a. Lingkungan kerja
yang bersih
Lingkungan kerja yang bersih membuat saya merasa nyaman dalam
melaksanakan tugas.
b. Karyawan yang baik
dan ramah
Karyawan yang baik dan ramah membuat saya tidak membutuhkan banyak waktu
untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja.
c. Fasilitas yang
memadai
Fasilitas yang memadai dapat membantu saya sehingga kami bisa
mengerjakan tugas dengan cepat.
2. Faktor Penghambat
Dalam
melaksanakan pekerjaan pasti ada berbagai hambatan. Begitu pula dengan saya
yang baru mengenal dunia kerja, saya juga mengalami berbagai hambatan.
Hambatan-hambatan tersebut antara lain:
a. Kurangnya pengalaman
Kami belum begitu berpengalaman sehingga pekerjaan yang saya
kerjakan kadang tersendat-sendat.
b. Kurangnya ketrampilan
dan kreativitas siswa
Ketrampilan dan
kreativitas saya masih kurang karena saya belum terjun ke lapangan kerja.
c. Kurangnya menguasai
peralatan kantor
Ada beberapa peralatan kantor yang belum saya kuasai, sehingga saya
harus meluangkan waktu untuk berlatih terlebih dahulu.
d. Teori dan praktek
yang tidak sesuai
Kurang sesuainya antara teori dan praktek yang diterima di sekolah
dengan pelaksanaan atau praktek pekerjaan yang sesungguhnya di lapangan
menyebabkan hasil yang dicapai kurang maksimal dalam pelaksanaannya.
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Rem tromol adalah sistem pengereman
pada kendaraan, yang menggunakan metode gesekan antara kampas dengan sebuah
komponen berbentuk mangkuk. Perbedaannya dengan rem cakram ada pada arah
gesekan. Rem cakram memiliki arah gesekan yang saling mendekati (menjepit),
sehingga pada rem cakram piringan terdapat ditengah dua kampas. Namun pada rem
tromol, arah gesekan saling menjauhi. Sehingga tromol yang terhubung dengan
roda diletakan disisi luar dari dua kampas rem.
B.
Saran
Penulis menyadari bahwa tugas ini jauh dari kata
sempurna, masih banyak
kekurangan. Penulis
mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun demi
kesempurnaan tugas ini. Atas segala kekurangannya penulis ucapkan mohon maaf dan semoga
kita mendapatkan rahmat dan ampunan-Nya. Aamiin.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
DAFTAR NILAI
Penilaian Hasil Praktek Kerja Lapangan dari Industri :
Nama Siswa : Sendi
Budiyanto
Kompetensi Keahlian: TKRO 01
Tahun Pelajaran :
2018/2019
No.
|
Uraian Kegiatan
|
Nilai (Angka)
|
A.
|
Kepribadian
|
|
1.
|
Disiplin
waktu
|
89
|
2.
|
Kemauan
kerja dan motivasi
|
89
|
3.
|
Kualitas
kerja
|
89
|
4.
|
Inisiatif
dan kreatifitas
|
89
|
5.
|
Perilaku
|
89
|
B.
|
Kompetensi/Keterampilan
|
|
1.
|
Pengetahuan
Dasar
|
|
2.
|
Pengetahuan
Komponen Engine
|
|
Keterngan :
90-100 : Sangat Baik (A)
80-89 : Baik (B)
70-79 : Cukup (C)
<70 : Kurang (D)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar