Jumat, 26 April 2019

Contoh Laporan Prakerin SMK Muhammadiyah Karangampel 2019


LAPORAN PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
REM TROMOL
DI BENGKEL MOTOR MUHAEMIN
Disusun untuk memenuhi tugas praktek kerja lapangan (PKL)

Disusun oleh :
NAMA           : SENDI BUDIYANTO
KELAS          : XI –TKRO 1
NIS                 : 1718.10.016

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH KARANGAMPEL INDRAMAYU TAHUN AJARAN 2018/2019
Jl. Raya Sendang, Desa Sendang, Kec. Karangampel Kab. Indramayu
NPSN: 141570249





LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH
Mengetahuai/Mengesahkan
LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
Judul :
“REM TROMOL”
BENGKEL MOTOR MUHAEMIN
Jl. Sendang Raya Kecamatan Karangampel
Ketua Prakerin                                                                                    Guru Pembimbing


NURUL AKBAR, S.Pd.I                                                                 JAENUDIN
NBM. 1185090                                                                                   NBM.
Mengetahui :

Kepala Sekolah                                                                       Kepala Program TKR


KHOLID, S.Ag                                                                     ERLANGGA N.J., S.Pd
            NBM. 818493                                                                        NBM.1314193









 

LEMBAR PENGESAHAN DU/DI
LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
BENGKEL MOTOR MUHAEMIN
Judul :
“REM TTROMOL”
Tahun Pelajaran 2018/2019
Mengesahkan:

Pimpinan DU/DI                                                                     Pembimbimbing



LUKMAN HAKIM                                                              MUHAEMIN
 



 



BIODATA PESERTA PRAKERIN
Nama               :Sendi Budiyanto
TTL                 : Indramayu, 04 Juni 2002
Tempat PKL   : Bengkel Motor Muhaemin
Sekolah           : SMK Muhammadiyah Karangampel
Kelas               : XI-TKRO 1
Jenis Kelamin :Laki-laki
Agama             : Islam
Alamat             : Desa Dukuh Jeruk Rt/Rw: 08/02 Karangampel Indramayu
No. Hp            : 089517205565
Nama Ayah     : Maman
Nama Ibu        : Warni’ah
Alamat            : Desa Dukuh Jeruk Rt/Rw: 08/02 Karangampel Indramayu







KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis ucapkan kepada ALLAH  SWT yang telah memberikan berupa kesehatan , kesempatan kepada penulis sehingga maampu menyelesaikan Laporan Kerja Lapangan ini.
Laporan Kerja Lapangan ini berjudul Rem Tromol . Kerja praktek ini telah penulis laksanakan dengan baik di Bengkel Motor Muhaemin
Laporan Kerja Lapangan ini merupakan tugas yang harus diselesaikan oleh siswa kelas sebelas (XI)  Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) di SMK Muhammadiyah Karangampel.
Ucapan terimah kasih ini juga saya ucapkan kepada :
1.      Bapak Kholid, S.Ag , selaku kepala SMK Muhammadiyah Karangampel
2.      Bapak Nurul Akbar, S.Pd.I , selaku ketua pelaksana PKL
3.      Bapak Erlangga Novriyanto Jaya, S.Pd.I , selaku kepala program TKR
4.      Bapak Lukman Hakim , selaku Pimpinan DU/DI di Muhaemin Motor
5.      Ibu Juwarsi, S.Pd , selaku wali kelas XI-TKRO 1
6.      Bapak Jaenudin , selaku guru pembimbing yang sudah meluangkan waktu kepada penulis dalam rangka penyelasaian laporan PKL ini.




Indramayu, 30 Maret 2019
Penulis


Sendi Budiyanto

DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH….............................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN DU/DI……................................................................. ii
BIODATA PESERTA PRAKERIN ...................................................................... iii
KATA PENGANTAR ............................................................................................ iv
DAFTAR ISI…........................................................................................................ v
BAB 1 PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ............................................................................................. 1
B.     Tujuan Praktik Industri ................................................................................ 1
C.     Manfaat Praktik Industri .............................................................................. 2
            BAB II GAMBARAN PERUSAHAAN
A.    Sejarah Bengkel Motor Muhaemin................................................................ 3
B.     Struktur Organisasi Bengkel Motor Muhaemin............................................ 3
C.     Kedudukan dan Letak Bengkel Motor Muhaemin....................................... 3
D.    Prosedur Pelayanan ...................................................................................... 4
             BAB III PELAKSANAAN PRAKERIN
A.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan Prakerin .................................................... 5
B.     Rem Tromol .................................................................................................. 5
C.     Bahan dan Alat…......................................................................................... 6
D.    Lagkah-langkah kerja…................................................................................ 7
E.     Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Pekerjaan…                     8
             BAB IV PENUTUP
A.    Simpulan ..................................................................................................... 10
B.     Saran ........................................................................................................... 10
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................ 11
LAMPIRAN........................................................................................................... 12
DAFTAR NILAI.................................................................................................... 13


 


BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Rem mempunyai peranan yang sangat penting dalam teknik kendaraan danteknik transportasi demi keamaan dan keselamatan dalam berkendara. Pada dasarnya rem mempunyai fungsi untuk memperlambat dan mengatur gerakan suatu putaran adapun rem yang digunakan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut : dapat bekerja dengan baik dan tepat, dapat dipercayadan mempunyai daya tekan yang cukup, mudah diperiksa dan disetel.
Walaupun sistem rem itu sangatlah penting, namun banyak diantaramasyarakat umum yang belum memahami dan mengerti fungsi, cara kerja dan jenis-jenis dari rem tersebut oleh karena itu penulis membuat makalah ini bertujuan untuk memperkenalkan fungsi, cara kerja, dari rem tromol dengan adanya makalah ini diharapkan kita bisa lebih mengenal fungsi,cara dari rem tromol.
Pada masa prakerin ini, kami melaksanakan prekerin di Bengkel Motor Muhaemin pada tanggal 01 Februari 2019 sampai dengan 31 Maret 2019.
B.     Tujuan Praktik Industri
  1. Mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan di sekolah.
  2. Membentuk Pola pikir yang membangun siswa dan siswi prakerin
  3. Melatih siswa untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara profesional didunia kerja yang sebenarnya
  4. Membentuk semangat kerja yang baik bagi siswa – siswi Prakerin
  5. Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan dasar yang dimiliki oleh siswa dan siswi prakerin sesuai bidangnya masing masing.
  6. Menambah jenis keterampilan yang dimiliki oleh siswa agar dapat dikembangkan dan di implementasikan dalam kehidupan sehari – hari.
  7. Menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia industri ataupun dunia usaha.


C.    Manfaat Praktik Industri
  1. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian professional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, dan semangat kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja.
  2. Memperkokoh hubungan sekolah dengan dunia industri dan dunia usaha
  3. Meningkatkan Efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas
  4. Memberikan Pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan
  5. Menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman di era teknologi informasi dan komunikasi.












BAB II
GAMBARAN PERUSAHAAN
A.    Sejarah Muhaemin Motor
Bengkel Motor Muhaemin  adalah  sebuah  bengkel yang berada di desa sendang kecamatan karangampel.
            Identitas DU/DI:
a)      Nama Perusahaan        : Muhaemin Motor
b)      Didirikan Tahun          : 2015
c)      Nama Pendiri              : Lukman Hakim
d)     Alamat                                    : Jl. Sendang Raya Kecamatan Karangampel Indramayu

B.     Struktur Muhaemin Motor
Pimpinan         : Lukman Hakim
Mekanik          : Muhaemin
Penyervisan     : Anak PKL


 
C.    Kedudukan dan Letak Muhaemin Motor

D.    Prosedur Pelayanan Muhaemin Motor
Penyervisan dan Penjualan sparepart motor atau komponen motor. Bengkel umum yang tidak memiliki ikatan kerjasama dengan merek kendaraan tertentu. Artinya, semua merek kendaraan bisa dilakukan perawatan di bengkel umum tersebut.
Di bengkel umum, kualitas para teknisi pun juga bersifat relatif. Artinya, tidak ada jaminan memang benar-benar ahli di bidangnya. Sebab para teknisi di sini pun tidak diberikan sertifikat walaupun mereka benar-benar ahli, kecuali memang mereka pernah mengikuti pelatihan khusus sebelumnya.

















BAB III
PELAKSANAAN PRAKERIN
A.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan Prakerin
Waktu       : Dimulai dari 01Februari sampai  31 Maret 2019
Tempat      : Muhaemin Motor

B.     Rem Tromol
Rem tromol adalah salah satu konstruksi rem yang cara pengereman kendaraan dengan menggunakan tromol rem (brake drum), sepatu rem (brake shoe), dan silider roda (wheel cylinder). Pada dasarnya jenis rem tromol yang digunakan roda depan dan belakang tidak sama, hal ini dimaksudkan supaya system rem dapat berfungsi dengan baik dan sesuai dengan persyaratan
Berikut terdapat beberapa komponen rem tromol beserta fungsinya yang bisa anda pahami :
a.       Backing Plate
Komponen rem tromol yang pertama adalah backing plate. Backing plate ini merupakan piringan berbahan logam tipis yang berada tepat di belakang sistem rem tromol. Jika anda perhatikan, bentuk dari backing plate ini adalah seperti lingkaran yang disertai dengan banyak lubang dan tonjolan. Adapun fungsi dari backing plate tersebut antara lain:
·         Piranti yang berfungsi untuk rangka sekaligus pelindung komponen rem tromol yang lainnya.
·         Piranti yang berfungsi untuk menyesuaikan semua part rem tromol agar bisa bekerja secara maksimal.
b.      Silinder Roda
Komponen rem tromol yang kedua adalah silinder roda. Adapun cylinder roda ini memiliki cara kerja dengan menggu akan hukum pascal. Nah sobat semua tentunya masih ingat hukum pascal ya. Ketika anda menginjak pedal rem, maka aka nada aliran fluida yang mengaraj kearah roda. Aliran yang berlangsung secara terus menerus ini akan meningkatkan tekanan fluida dan hasilnya mendorong kedua piston yang sudah diletakkan di ujung wheel cylinder. Adapun fungsi dari silinder roda ini adalah untuk mengubah tekanan fluida menjadi gerakan yang mekanis.
c.       Sepatu Rem Kampas
Komponen rem tromol yang ketiga adalah sepatu rem kampas. Sepatu rem kampas ini disebut juga dengan brake shoe. Brake shoe ini berbentuk setengah lingkaran yang berjumlah dua yang apabila digabungkan akan membentuk sebuha lingkaran yang utuh. Dua sepatu rem yang berbentuk setengah lingkaran tersebut nantinya akan berada di sisi dalam tromol rem yang juga berbentuk seperti lingkaran. Sehingga pengereman dalam mobil anda pun bisa berlangsung. Adapun fungsi dari sepatu rem atau brake shoe ini adalah seabagi tenpat untuk meletakkan kampas rem pada sistem rem tromol.
d.      Return Spring
Komponen rem tromol yang keempat adalah return spring. Ketika kita menekan pedal rem, maka sepatu rem akan bergerak kearah luar dan menempel dengan tromol rem tersebut. Namun ketika kita melepas pedal rem tersebut, maka sepatu rem harus bisa kemabli mengincut. Adapun fungsi dari return spring ini adalah mengembalikan posisi sepatu rem sesuai proses pengereman berlangsung.
e.       Brake Shoe Holder
Komponen rem tromol yang kelima adalah brake shoe holder. Brake shoe holder ini terdiri atas suatu pin yang memiliki pengunci. Pada saat dipasangkan, komponen ini kana berfungsi untuk menjaga sepatu rem agar tetap menempel pada backing plate, namun masih bisa digerakkan ke kanan dan kiri.


C.    Bahan dan Alat aalat
-          Kunci Shock 22
-          Kunci T ukuran 12 dan 14


D.    Langkah-langkah Kerja
a.       Pelepasan Rem Tromol
1.      lepas roda
2.      Lepas tromol rem. Lepas skrup dan kemudian lepas tromol rem .
3.      Lepas pegas pembalik. Menggunakan sst,lepas pegas pembalik depan dan belakang.
4.      Lepas sepatu rem. Mengguanakan sst, lepas pegas penahan sepatu atas, dua mangkuk, dan pen.
5.      Bila perlu, lepas silinder roda. Lepas pipa rem dari silinder roda.gunakan kaleng untuk menampung minyak rem, Lepas nepel pembuang udara di silinder roda.lepas tiga baut  yang terpasang di silinder rem.
6.      Bila perlu, bongkar silinder roda. Lepas komponen berikut dari silinder: Karet pelindung(boot), Piston, Karet rem(cups), Sekrup dan pegas pengunci penyetel
b.      Pemeriksaan komponen
1.      Periksa komponen yang di bongkar
Periksa komponen yang di bongkar terhadap keausan, karat, atau kerusakan.
2.      Ukur ketebalan pelapis sepatu rem
Ketebalan minimum:1,0 mm (0,039 in)
Ketebalan standart:6,0 mm (0,236 in)
jika pada pelapis sepatu rem kurang dari nilai minimum di atas atau terlihat tanda-tanda keausan yang tidak merata, gantilah sepatu rem.bila sepatu rem harus di ganti, gantilah seluruh sepatu rem depan untuk menjamin kemampuan rem.
3.      Ukur diameter dalam tromol rem
Diameter maksimal:230,6 mm
Diameter standart:228,6 mm
Bila tromol rem tergores atau aus, tromol rem di bubut sampai pada batas diameter maksimum.
4.      Periksa persinggunagn pelapis sepatu dan tromol rem
Bila permuakaan gesek antara tromol rem dengan sepatu sudah tidak seperti semula atau tidak baik, maka gerindalah pelapis sepatu dengan menggunakan penggerinda sepatu atau gantilah rakitan sepatu rem
5.      Periksa silinder roda terhasap karat atau kerusakan
6.      Periksa backing plat terhadap keausan atau kerusakan.
c.       Perakitan rem tromol
1.      rakitlah silinder rem.
Pasangsah dengan urutan yang benar :karet rem(cup), piston, karet pelindung, (boot).
2.      Pasang nepel pembuangan udara pada siinder roda
3.      Pasang silinder roda pada backing plat
4.      Pasang pipa rem pada silinder roda
5.      Oleskan gemuk temperature tinggi pada backing plat
6.      Pasang sepatu rem
7.      Bersihkan pelapis sepatu dan bagian dalam tromol menggunakan kertas amplas.
8.      Pasang tromol rem.
9.      Isi tangki cadangan dengan minyak rem dan lakukan pambuangan udara.
10.  Periksa kebocoran minyak rem.
11.  Setel celah sepatu rem.
12.  Pasang roda depan.

E.     Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Pekerjaan
1.      Faktor Pendukung
Ada beberapa faktor pendukung yang membantu saya selama melaksanakan kegiatan Prakerin diantaranya:
a.       Lingkungan kerja yang bersih
Lingkungan kerja yang bersih membuat saya merasa nyaman dalam melaksanakan tugas.
b.      Karyawan yang baik dan ramah
Karyawan yang baik dan ramah membuat saya tidak membutuhkan banyak waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja.
c.       Fasilitas yang memadai
Fasilitas yang memadai dapat membantu saya sehingga kami bisa mengerjakan tugas dengan cepat.
2.      Faktor Penghambat
Dalam melaksanakan pekerjaan pasti ada berbagai hambatan. Begitu pula dengan saya yang baru mengenal dunia kerja, saya juga mengalami berbagai hambatan. Hambatan-hambatan tersebut antara lain:
a.       Kurangnya pengalaman
Kami belum begitu berpengalaman sehingga pekerjaan yang saya kerjakan kadang tersendat-sendat.
b.      Kurangnya ketrampilan dan kreativitas siswa
Ketrampilan dan kreativitas saya masih kurang karena saya belum terjun ke lapangan kerja.
c.       Kurangnya menguasai peralatan kantor
Ada beberapa peralatan kantor yang belum saya kuasai, sehingga saya harus meluangkan waktu untuk berlatih terlebih dahulu.
d.      Teori dan praktek yang tidak sesuai
Kurang sesuainya antara teori dan praktek yang diterima di sekolah dengan pelaksanaan atau praktek pekerjaan yang sesungguhnya di lapangan menyebabkan hasil yang dicapai kurang maksimal dalam pelaksanaannya.


BAB IV
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Rem tromol adalah sistem pengereman pada kendaraan, yang menggunakan metode gesekan antara kampas dengan sebuah komponen berbentuk mangkuk. Perbedaannya dengan rem cakram ada pada arah gesekan. Rem cakram memiliki arah gesekan yang saling mendekati (menjepit), sehingga pada rem cakram piringan terdapat ditengah dua kampas. Namun pada rem tromol, arah gesekan saling menjauhi. Sehingga tromol yang terhubung dengan roda diletakan disisi luar dari dua kampas rem.

B.     Saran
Penulis menyadari bahwa tugas ini jauh dari kata sempurna, masih banyak kekurangan. Penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun demi kesempurnaan tugas ini. Atas segala kekurangannya penulis ucapkan mohon maaf dan semoga kita mendapatkan rahmat dan ampunan-Nya. Aamiin.















DAFTAR PUSTAKA
























LAMPIRAN

Description: C:\Users\ASUS\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.Word\IMG-20190425-WA0018.jpg















DAFTAR NILAI
Penilaian Hasil Praktek Kerja Lapangan dari Industri :
Nama Siswa                : Sendi Budiyanto
Kompetensi Keahlian: TKRO 01
Tahun Pelajaran           : 2018/2019
No.
Uraian Kegiatan
Nilai (Angka)
A.
Kepribadian

1.
Disiplin waktu
89
2.
Kemauan kerja dan motivasi
89
3.
Kualitas kerja
89
4.
Inisiatif dan kreatifitas
89
5.
Perilaku
89
B.
Kompetensi/Keterampilan

1.
Pengetahuan Dasar

2.
Pengetahuan Komponen Engine

            Keterngan :
            90-100             : Sangat Baik               (A)
            80-89               : Baik                           (B)
            70-79               : Cukup                       (C)
            <70                  : Kurang                      (D)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar